Rabu, 09 Juli 2014

Enggak Bisa Nyoblos

Karena tidak terdaftar sebagai pemilih di tempat gw tinggal. Seperti Pemilu Legislatif sebelumnya, siang ini gw baru bisa melakukan pencoblosan pada pukul 12.00 WIB. Selepas Shalat Zuhur, gw melangkahkan kaki ke TPS, sebenernya naik motor sih. Mau jalan kaki takut haus di tengah jalan karena Bulan Puasa.

Setibanya di TPS, gw dengan pede langsung ke tempat pendaftaran dengan memberikan fotokopi KTP ke panitia pemungutan suara (PPS). Kemudian terjadilah perbincangan antara gw dengan PPS. Dari perbincangan tersebut hasilnya adalah gw enggak bisa nyoblos, karena dari surat edaran KPUD DKI Jakarta tertanggal 4 Juli yang ditunjukan ke gw. Kalo enggak salah ingat isi surat edarannya : Warga yang identitas pengenalnya tidak sesuai dengan domisili, maka tidak dapat melakukan pencoblosan.

Gw kaget banget waktu petugas nunjukin surat edaran itu. Padahal Ketua RT setempat sebelumnya yang juga panitia sudah mendata pemilih tambahan kayak gw sehabis Pileg kemarin. Gw kecewa banget, apalagi dari pengakuan panitia siang tadi, surat edaran itu baru saja diterima kemarin. Padahal surat itu tertanggal 4 Juli.

Kecewa banget karena enggak bisa nyoblos. Gw rasanya pengen cepet-cepet cabut dari TPS. Mungkin karena suasananya lumayan rame, jadi malu aja. Gw heran kenapa tiba-tiba di Jakarta kebijakannya bisa begitu. Ini bisa tergambar waktu gw bilang sama petugasnya 'kalo begini banyak yang enggak bisa nyoblos dong, Pak?'. Meskipun panitia tetap berkilah dengan surat edaran yang mereka tunjukan.

Tapi ada itikad baik juga dari panitia. Berhubung surat edaran ini hanya berlaku untuk daerah Jakarta. Mereka menyarankan gw untuk nyoblos di Daerah Depok. Dengan cepat gw langsung ke Depok karena waktu terakhir pencoblosan udah mepet.

Tempat yang gw datangi ada di Barel (Balik Rel), karena waktu Pileg ada TPS dekat situ. Tapi sayang enggak terlihat kalo disana ada TPS. Gw lanjutkan pencarian gw di daerah Kutek dan tetap aja gw enggak nemu TPS. Lama-kelamaan akhirnya gw putuskan balik ke rumah karena suasana yang lumayan panas bikin gw lemas dan waktu yang memang udah enggak memungkinkan gw buat nyoblos.

4 komentar:

  1. yuriko fitri9 Juli 2014 22.43

    wah parah juga ya, ade gua aja yg ktp nya blm e ktp dan gk terdaftar boleh ikut nyoblos di tps

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin krn adek lo lucu dan menggemaskan, Ko. Jadinya panitia enggak tega gitu hahaha..

      Hapus
  2. yuriko fitri16 Juli 2014 11.09

    yakali bang. liat mukanya juga blm prnh tuh panitia. hha

    BalasHapus