Selasa, 02 Agustus 2016

Judul Lagu

Puasa kemarin Mama bersikeras nyuruh gue cari VCD lagu-lagu qasidah lama sama VCD takbiran. Masalahnya, dia enggak ingat judul lagu qasidah bahkan penyanyinya, yang Mama ingat cuma sepenggal lirik. Biar gampang diingat, gue minta Mama nyanyiin sepenggal liriknya pake recorder  di handphone. Jadi setiap nanya sama pedagang, gue suruh aja doi dengerin rekaman suaranya.

Dari Pasar Minggu (yang ada di Bengkulu) sampai lapak-lapak DVD/VCD/MP3 di pusat perbelanjaan (Prapto) gue cari. Ketika mulai menyerah, gue ingat yang namanya download. Karena DVD yang ada di rumah bisa dicolokin flashdisk, gue kesal kenapa baru ingat. Untung lagi puasa, sabar sabar..

Hanya sepenggal lirik jadi satu-satunya petunjuk. Berjam-jam nyari di google sama youtube, tapi enggak nemu-nemu juga. Mama akhirnya mengalah juga, "ya udah lagu yang lain aja".

Kemudian muncul lagi ide baru. Berhubung komputer sama speaker letaknya di ruang utama. Daripada gue donlotin lagu satu-satu. Mending gue bikin playlist di youtube. Toh volume speaker komputer juga bisa kedengaran seisi rumah.

Singkat kata singkat cerita, playlist lagunya jadi. Kita semaleman dengar takbiran di youtube diulang-ulang, terus lanjut dari subuh sampai sebelum Shalat Ied. Sehabis shalat pun Mama minta gue buru-buru nyalain lagi playlistnya, tapi lagunya bukan yang takbiran lagi. Pokoknya semua lagu pilihan Mama. Gue juga baru sadar lagu yang dipilih Mama musiknya lembut-lembut. Dia kurang suka musik yang keras-keras, padahal kalo lagi pergi bareng, gue sering banget dengerin musik keras di mobil.

Terus lebaran kedua kita pergi dan nginap di rumah Kakek di Desa Kampai, Talo. Disana sekalian ngadain pamitan, karena Kakek, Mama sama Papa mau berangkat haji tahun ini. Keesokan harinya kita balik lagi ke rumah, setelah itu suasana hati Mama mungkin sedikit berubah. Dia minta gue nambahin lagu qasidah yang ada nuansa haji. Gue juga iseng nambahin beberapa lagu yang gue suka.

Setelah itu enggak ada lagi yang berubah sama playlist, meskipun ada satu lagu qasidah lama yang sampai sekarang belum ketemu. Gue ingat banget Mama ngomong begini waktu kita enggak nemu-nemu lagunya, "coba bikin judul lagu tuh yang gampang diingat". Ada-ada aja yang dia salahin.

3 komentar:

  1. YaAllah hahahahaha ga kebayang gimana pas lo nanyaa ke setiap pedagang terus muterin rekaman suara nyokap hahahaha xD

    BalasHapus
  2. Biar lebih seru pake Anon ;)

    BalasHapus